Posted by : Rudini
Senin, 23 September 2013
Perancangan
Marker
Marker
adalah, sebuah pola
yang berbentuk kotak
dan berbingkai hitam,
yang digunakan untuk menampilkan objek 3D yang ada di template memory OpenSpace3D.
Cara proses kerja marker
adalah, kamera menyorot marker, kemudian
kamera membaca pola yang
ada didalam marker tersebut, bila pola
terdeteksi maka kamera mencocokan pola marker yang disorot kamera dengan pola marker yang ada di
template memory OpenSpace3D,
selanjutnya bila pola
cocok, maka objek dirender di pola marker yang disorot tersebut.
Dalam
perancangan Aury 3D Game marker yang digunakan adalah marker asli yang tersedia dalam library OpenSpace3D dengan sedikit modifikasi agar mudah digunakan.
Gambar 3.11 Marker Stage Game
Gambar 3.15 menunjukan perancangan marker untuk stage game area, marker
ini ketika disorot oleh kamera akan menampilkan objek 3d yang berupa area utama
permainan.
Tabel 3.14 Fungsi
Marker Stage
No
|
Nama Marker
|
Fungsi
|
1
|
Stage 1
|
Menampilkan stage 1 game
|
2
|
Stage 2
|
Menampilkan stage 2 game
|
3
|
Stage 3
|
Menampilkan stage 3 game
|
4
|
Stage 4
|
Menampilkan stage 4 game
|
5
|
Stage 5
|
Menampilkan stage 5 game
|
6
|
Stage 6
|
Menampilkan stage 6 game
|
7
|
Stage 7
|
Menampilkan stage 7 game
|
8
|
Stage 8
|
Menampilkan stage 8 game
|
Gambar 3.12 Marker Tools
Gambar 3.12 menunjukan kelompok marker yang disebut dengan marker tools, marker ini
mempunya fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut :
Tabel 3.15 Fungsi
Marker Tools
No
|
Nama Marker
|
Fungsi
|
1
|
Zoom
In
|
Memperbesar objek 3D dalam game
|
2
|
Zoom
Out
|
Memperkecil objek 3D dalam game
|
3
|
Reset
|
Mengembalikan keadaan bola pada game ke keadaan semula
|
4
|
Close
|
Menutup aplikasi Aury 3D Game
|
5
|
Menu
|
Kembali ke menu utama
|
6
|
Music
On
|
Mengaktifkan musik latar belakang
|
7
|
Music
Off
|
Menonaktifkan musik latar belakang
|
8
|
Surprise
|
Menampilkan super maze game
|
Gambar 3.13 Marker
AR-Piano